KANCING BESI ATAU KANCING JEANS

Harga Modal: Rp.12.345

Harga Pasar: Rp.12.345

3   Sample

jualkancingjkt        Jakarta Timur
Terakhir dilihat : 09 Nov 17        Tambahkan Ke Wishlist

Kurir

Terjual0
Dilihat67
Berat100 gr
Min. Order2 pcs
Stock1 pcs
Sample2 pcs

* Silakan Login atau MENDAFTAR untuk melakukan penawaran.

Deskripsi

Kancing Jeans Logam

Kancing logam atau besi umumnya diasosiasikan dengan kancing jeans. Kancing jeans sendiri umumnya berbeda dengan definisi kancing yang berlubang dan dijahit ke kain, tapi memiliki fungsi yang sama yaitu merekatkan dua lembar kain.

Definsi Kancing logam yang dimaksud disini adalah kancing yang berbahan dasar logam, ada tiga bahan dasar logam yang umum digunakan.

Besi (Iron)

Kuningan (Copper Zinc)

Diecast/babet (ZA Zinc Alloy)

masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing

Bahan dasar besi,

kelebihan bahan dasar besi adalah lebih keras dan padat dibandingkan kuningan atau diecast, besi juga berwarna dasar abu-abu cerah sehingga tidak memberikan  nuansa lain bila diwarnai. Nuansa yang timbul sesuai dengan warna yang diaplikasikan, besi juga berharga lebih murah dibanding kedua bahan dasar logam lainnya. Hal ini tentu membuat harga jual produk akhirnya juga lebih murah.
kekurangan bahan dasar besi pada kancing adalah, lebih mudah karat bila terkena perendaman air dibandingkan dua logam dasar lainnya. Kancing logam umumnya sebelum mengaplikasikan warna diberi lapisan dasar anti karat baru kemudian diwarnai. Akan tetapi pada proses selanjutnya assembling atau pemasangan dan aplikasi kancing pada pakaian, kancing mengalami stres atau tekanan akibat pemasangan atau asembling. Stres atau  tekanan tersebut mengakibatkan luka atau terkelupasnya lapisan pelindung karat. Hal ini menyebabkan kancing cepat berkarat. Kekurangan lainnya adalah karena bahan yang dipakai untuk pembuatan kancing adalah pelat besi, maka pembuatan kancing umumnya hanya untuk dimensi bulat atau lingkaran.
Bahan dasar kuningan,

Kelebihan bahan dasar kuningan adalah lebih lentur dan lebih tahan karat dibandingkan besi. Kuningan bersifat antiseptik, dan memenuhi standar garmen eropa untuk bahan tidak beracun Oeko-Tex Standart. Kelenturan bahan kuningan bermanfaat pada detail logo yang lebih halus walaupun tidak setajam diecast.
kekurangan bahan dasar kuningan, tentu dengan semua kelebihan diatas kuningan berharga lebih mahal dari besi. harga tentu sebanding dengan kualitas yang didapat. Disamping itu kuningan kualitas baik masih diimpor. Sehingga fluktuasi US$ terhadap Rupiah berpengaruh terhadap harga dan ketersediaan bahan. Kuningan seperti namanya berwarna dasar kuning keemasan hal ini menyebabkan ada nuansa kuning bila diwarnai, umumnya  bila diwarnai nickle atau silver dan seperti besi. Bahan dasar kuningan untuk kancing dalam bentuk pelat sehingga dimensi yang dipakai untuk kancing hanya bulat.
Bahan dasar diecast (ZA)

Kelebihan utama dari bahan dasar ZA adalah titik leleh yang rendah. Bahan dasarnya berbentuk serbuk liat atau bongkah yang dapat dilelehkan dengan mudah, baru dibentuk sesuai keinginan. Hal ini membuat kancing dengan bahan dasar ZA dapat dibentuk tidak hanya bulat.  Berbagai macam kreasi bentuk bahkan tulisan dapat dibuat dari ZA ini. Disamping itu karena titik leleh yang rendah, produk gagalnya atau scrap dapat langsung didaur ulang di pabrik kancing dan digunakan kembali. Daur ulang ini tanpa perlu diproses di pabrik daur ulang khusus. ZA juga lebih tahan karat dibandingkan besi dan lolos standar Oeko-Tex.
Kekurangan bahan dasar ZA adalah tidak lentur, sehingga lebih mudah patah, terutama bila diaplikasikan pada permukaan yang lebar. Akibatnya kancing semakin tebal bila permukaannya lebar sehingga lebih berat. Proses membeku yang terlalu cepat dari ZA juga menghasilkan kualitas akhir yang kurang baik, umumnya berpori besar akibat gelembung udara yang terperangkap. Hal ini menyebabkan kualitas akhir warna yang kurang mulus. Proses pembuatan kancingnya  dengan cara dicetak dari cairan, maka cetakan/mould logo menjadi lebih rumit, lebih mahal dan lebih lama.
Pada akhirnya pilihan bahan dasar untuk kancing yang akan  kita produksi kembali kepada tujuan dan mungkin budget yang tersedia. sebagai catatan, bila sudah membuat desain kancing dan dibuat cetakan dengan bahan dasar besi, cetakan ini bisa dipakai juga dibahan dasar kuningan atau sebaliknya. Intinya bisa berganti bahan dasar tergantung tujuan dan budget, tapi tidak dengan ZA.

Terima kasih




ULASAN PRODUK